Johnterro, Keyword untuk Sebuah Aliansi

Sebenarnya membuat tulisan yang terkait dengan Johnterro adalah sebuah hal yang sangat sulit. Mengingat banyak penjelasan yang mungkin tidak akan bisa benar-benar tersampaikan kecuali anda mencari tahu sendiri tentang siapa (atau apa) Johnterro itu. Karenanya kali ini saya hanya akan mencoba untuk membahas judul ini sebatas follow up dari tautan yang sudah dia buat sebelumnya tentang ” mirror “.

Istilah johnterro mulai muncul sekitar tahun 2008,kalau saya tidak salah, bersamaan dengan mulai berkembangnya “isu lokal” yang cukup meresahkan murid-murid di salah satu sekolah menengah negeri kawasan Surabaya Pusat. Tidak perlu saya sebutkan isu itu, mungkin nanti saya akan membahasnya dalam sebuah entri seandainya keadaan memang memungkinkan atau anda bisa langsung saja bertanya pada si John ini. Awalnya memang tidak ada yang benar-benar menarik perhatian saya, selain “keyword” yang dia gunakan untuk menyebarkan isu tersebut. Mohon maaf, tapi saya tidak akan memberitahu anda keyword itu.

Entah mantra apa yang sudah dilafalkan oleh John, saya tidak bisa lepas dari jerat keyword satu ini walaupun tidak benar-benar terjun secara langsung atau mendalami tentang isu tersebut. Memainkan keyword-keyword yang tercipta melalui sebuah kontemplasi panjang memberikan saya hiburan tersendiri. Mungkin inilah awal dari cerita aliansi itu sendiri.

Hm.. mungkin cerita ini akan lebih mengerucut dan seru jika saya memberitahu anda keyword itu. Sebenarnya saya sudah menulis keyword itu di dua paragraf pertama dari entry kali ini. Jadi silahkan anda baca lagi jika ingin mencari tahu sendiri. (Update: jika anda tidak dapat melihat petunjuk apapun dari tulisan sebelumnya, maka hal itu adalah lebih karena faktor teknis. Sayang sekali anda belum beruntung jika tidak berkesempatan melihatnya.)

Tidak usah terlalu mempertanyakan maksud atau arti dari kata-kata tersebut, anggaplah itu hanya sebuah conlang alias bahasa artifisial. Saya pun saat ini mencoba untuk membatasi penggunaan keyword satu ini sebagai acuan linguistik saja, walaupun seringkali kelewat batas dalam prakteknya mengingat bahaya dari penggunaan keyword ini. karenanya saya sangat menganjurkan anda untuk tidak usah mempertanyakan hal itu.

Selain itu, terkadang penggunaan keyword ini juga masih sesekali saya terapkan sebagai “tools” untuk melakukan visualisasi ataupun onomastik. Sebuah bidang yang jauh berbeda dari awal mula tersebarnya keyword ini. Dan mungkin karenanya saya harus memberikan kredit kepada John lewat entry kali ini. Sebagai tindak lanjut semi-official dari sebuah aliansi beberapa tahun ini.

” Keywordku tidak sama dengan keywordmu. Karena keywordku hanya untuk aku. ” _Johnterro (Remix)

21 thoughts on “Johnterro, Keyword untuk Sebuah Aliansi

Leave a Reply

