Code Error.

————————————————————

lihatlah baris kode diatas

dan cari bilakah ada yang tidak pas

buatlah satu algoritma yang pantas

dan lihat apakah ada yang khas

Hei, santai sajalah kawan..

aku tidak sedang mengoreksi sebuah program

atau menguji kemampuanmu lebih dalam

(Error, The Preamble)

————————————————————

Developer. Sebuah kosakata yang akhir-akhir ini banyak sekali menyita waktu. Sayangnya waktu ini lebih banyak habis hanya untuk berpikir saja, tanpa ada banyak aksi yang bisa keluar dari kosakata tersebut. Bodoh? Iya. Lalu sampai kapan? Entahlah.

Sebab itu adalah satu diantara banyak sekali hal yang ingin aku “develop”. Dunia ini, lalu negaranya, kemudian sistem yang ada di dalamnya, dilanjut dengan masyarakatnya secara luas, dan diakhiri dengan men-develop sebuah lingkungan dan keluarga sesuai dengan pseudocode yang sudah aku rancang lama sekali selama aku berpikir.

Celakanya, selama proses desain tadi aku gagal melihat sebuah bug kecil.. keciil sekali.. yang jika dibandingkan dengan besarnya rancangan yang sedang kembangkan ini maka tidak akan terasa jika sebenarnya terdapat sebuah kecacatan besar dalam rancangan yang sedang dikembangkan ini.

Analisa dan desain pun selesai, kini saatnya implementasi. Dan hasilnya ? Masih perlukah aku memberitahumu ? Aku gagal kawan..

Iya, aku gagal. Rancangan besar dan pengembangan lama ini tidak berhasil sama sekali. Aku rugi besar, rugi waktu, rugi tenaga, rugi biaya. Belum lagi banyak hal lainnya yang sudah aku korbankan hanya demi pengembangan ini. Lalu dimanakah letak kesalahannya, apa yang sebenarnya membuat ini gagal. Mungkin objek developmentku yang terlalu besar? Ah, kurasa tidak. Atau mungkin metode developmentku yang tidak cocok ketika implementasi? Aku rasa juga bukan.. lalu apa.. entahlah..

Published
Categorized as error.

By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

7 comments

  1. kau tak mendevelop dengan orang lain juga
    developer itu team, kalo satu orang bakal banyak bug

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.