Code Error.

————————————————————

lihatlah baris kode diatas

dan cari bilakah ada yang tidak pas

buatlah satu algoritma yang pantas

dan lihat apakah ada yang khas

Hei, santai sajalah kawan..

aku tidak sedang mengoreksi sebuah program

atau menguji kemampuanmu lebih dalam

(Error, The Preamble)

————————————————————

Developer. Sebuah kosakata yang akhir-akhir ini banyak sekali menyita waktu. Sayangnya waktu ini lebih banyak habis hanya untuk berpikir saja, tanpa ada banyak aksi yang bisa keluar dari kosakata tersebut. Bodoh? Iya. Lalu sampai kapan? Entahlah.

Sebab itu adalah satu diantara banyak sekali hal yang ingin aku “develop”. Dunia ini, lalu negaranya, kemudian sistem yang ada di dalamnya, dilanjut dengan masyarakatnya secara luas, dan diakhiri dengan men-develop sebuah lingkungan dan keluarga sesuai dengan pseudocode yang sudah aku rancang lama sekali selama aku berpikir.

Celakanya, selama proses desain tadi aku gagal melihat sebuah bug kecil.. keciil sekali.. yang jika dibandingkan dengan besarnya rancangan yang sedang kembangkan ini maka tidak akan terasa jika sebenarnya terdapat sebuah kecacatan besar dalam rancangan yang sedang dikembangkan ini.

Analisa dan desain pun selesai, kini saatnya implementasi. Dan hasilnya ? Masih perlukah aku memberitahumu ? Aku gagal kawan..

Iya, aku gagal. Rancangan besar dan pengembangan lama ini tidak berhasil sama sekali. Aku rugi besar, rugi waktu, rugi tenaga, rugi biaya. Belum lagi banyak hal lainnya yang sudah aku korbankan hanya demi pengembangan ini. Lalu dimanakah letak kesalahannya, apa yang sebenarnya membuat ini gagal. Mungkin objek developmentku yang terlalu besar? Ah, kurasa tidak. Atau mungkin metode developmentku yang tidak cocok ketika implementasi? Aku rasa juga bukan.. lalu apa.. entahlah..

7 thoughts on “Code Error.

Leave a Reply

