[LABS] Pemrograman, sebuah pengantar..

Pemrograman, satu kata yang sekian lama aku menjauh darinya. Sebuah dosa yang ternyata baru aku sadari akibatnya belakangan ini. Bukan karena aku tidak suka, hanya saja sejak awal aku merasa menginginkan “sesuatu yang lebih” dari itu. Apalagi dalam bidang studi yang  saya pelajari (sistem informasi, BUKAN informatika loh ya..), pemrograman memang bukan sebuah kemampuan yang wajib dimiliki. Namun disitulah kesalahan ini bermula, mungkin memang bukan sebuah kemampuan wajib akan tetapi ia merupakan sebuah KEMAMPUAN DASAR yang perlu dikuasai oleh orang yang menginginkan “sesuatu yang lebih” itu.

Dari situlah sepertinya aku mulai merasa ada yang salah dengan cara berpikirku selama ini. Hal ini nyata semakin terbukti ketika aku mencoba untuk mendalami ilmu mengenai rancang bangun perangkat lunak (software engineering). Dalam tahapan pembuatan sebuah perangkat lunak, seorang ahli sistem informasi umumnya akan diposisikan sebagai seorang mandor analis sistem, dimana tugas yang harus dikerjakan adalah menggali kebutuhan dari calon pengguna IT, untuk kemudian dibuatkan sebuah desain perangkat lunak yang nantinya akan dibangun oleh seorang tukang programmer, sebuah keahlian yang umumnya merupakan spesialisasi dari rekan-rekan informatika.

Pola pikir seorang programmer ini merupakan sebuah kemampuan yang penting bagi seorang analis sistem dalam menterjemahkan desain perangkat lunak tadi sebelum dirangkai menjadi baris-baris kode, modul aplikasi, hingga sebuah perangkat lunak yang utuh. Bayangkan saja ketika kemudian sebuah desain perangkat lunak A ini tidak mampu dipahami oleh seorang programmer atau malah diterjemahkan sebagai sebuah perangkat lunak B karena desain perangkat lunak bukannya mempermudah tugas seorang programmer akan tetapi malah memberikan masalah baru dalam proses pembuatan sebuah perangkat lunak.

Oke, kembali ke masalah pemrograman yang ingin saya bahas di tulisan ini, semoga sedikit pengantar ini bisa menjadi langkah awal usaha pertaubatan saya di dalam menekuni dunia IT dengan kembali meniti jalan yang benar yaitu dengan mempelajari kembali pemrograman, untuk lebih banyak lagi berbicara mengenai pemrograman, tidak hanya sekedar membahas tapi juga untuk terjun langsung mempraktekkan dan juga mendokumentasikan kegiatan programming tersebut. amin.

(Bersambung)

2 thoughts on “[LABS] Pemrograman, sebuah pengantar..

Leave a Reply

