[Labs] WordPress Arsenal

Empat tahun bermain WordPress ternyata masih ada banyak fitur maupun tips dan trik yang belum pernah saya coba, diantaranya bahkan sudah lama saya cari namun baru ketemu akhir-akhir ini saja. Karenanya postingan ini rencananya akan ditujukan sebagai referensi pribadi agar kedepan dapat digunakan untuk lebih mengoptimalkan setiap tulisan yang akan dibuat melalui berbagai fitur yang disediakan oleh WP. Beberapa diantaranya adalah:

Smiley / Emoticon

Saya jarang menggunakan smiley / emoticon, tapi mungkin suatu saat nanti perlu menggunakannya. Terlebih karena saya juga memiliki WP yang self-host dimana beberapa smiley ternyata dapat di custom sendiri. Mungkin suatu saat nanti bakal diperlukan.

Referensi: http://codex.wordpress.org/Using_Smilies

Menampilkan gambar, video dan source code

Saya beberapa kali menggunakan gambar dalam postingan, walaupun sekarang sudah hampir tidak pernah. Dan sepertinya memang masih ada cara yang lain lagi untuk menampilkan gambar dengan cara yang lebih menarik (seperti dengan slide, atau mode preview). Untuk video sepertinya baru sekali saja, sedangkan untuk source code masih dalam tahap rencana.

Referensi:

http://codex.wordpress.org/Embeds

http://codex.wordpress.org/Writing_Code_in_Your_Posts

http://en.support.wordpress.com/code/posting-source-code/

Menulis Lewat Perantara

Saya sudah pernah bikin entry lewat hape, dan hasilnya cukup menyengsarakan hape yang saya miliki karena selain koneksi internetnya yang pas-pasan juga aplikasinya cukup berat untuk hitungan hape saya yang biasanya hanya dipakai untuk SMS, telepon dan update status alay. Untuk update via email belum pernah coba, karena belum pernah paham baik urgensinya maupun manfaatnya. Semoga suatu saat nanti bisa mencoba dengan alasan yang tepat.

Referensi: http://en.support.wordpress.com/post-by-email/

Mengatur format penulisan

Ini salah satu yang bikin frustasi, dua tahun lebih wreaking havoc ternyata baru tahu kalau ada metode formatting seperti ini. Dem..

Referensi:

http://en.support.wordpress.com/writing-and-formatting-poetry/

http://en.support.wordpress.com/splitting-content/

Sedangkan untuk lain-lain yang sepertinya bisa dicoba kira-kira yang seperti ini,

http://en.support.wordpress.com/write-a-book/

Sementara baru beberapa cara diatas yang saya ketahui sepertinya bisa dipakai untuk membuat postingan kedepan jadi lebih menarik. Bila anda mengetahui tips trik lain atau fitur tambahan yang mungkin bisa saya pakai, silahkan menambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Terakhir di update :

Jum’at, 17 Ramadhan 1434 H / 26 Juli 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s