[Labs] Mengganti Default JDK Pada Netbeans

invalid jdkhome
Error ketika membuka Netbeans

Kasusnya adalah ketika kemarin JDK di laptop penulis sengaja di uninstall karena suatu alasan tertentu yang ternyata hal ini juga mengakibatkan Netbeans penulis juga tidak bisa ikut di uninstall. Setelah dipasang dengan JDK yang baru ternyata masih menyisakan error.

Sekilas penulis juga jadi ingat pengalaman beberapa waktu yang lalu dengan kasus hampir mirip ketika update JDK yang berakibat IDE yang ada di laptop tidak bisa dibuka semua. Untuk kasus ini solusinya relatif sederhana, tinggal mencari file “netbeans.conf” pada direktori instalasi untuk kemudian diganti lokasi default dari JDK yang ingin dipakai.

netbeans-confMisal, pada laptop saya file ini bisa ditemukan di C:\Program Files\NetBeans 7.3\etc, maka langkah selanjutnya setelah file ini dibuka adalah mengganti path pada baris netbeans_jdkhome-nya. Misal pada kasus penulis, path yang merujuk pada direktori C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_21 diubah menjadi C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_25. Simpan perubahan ini dan tutup file tersebut. Kemudian coba jalankan lagi Netbeans.

sudah tidak error lagi..
sudah tidak error lagi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s