RIP EvDO, Goodbye CDMA Flexi..

kartu-flexi
kartu-flexi ane gan..

Sebenarnya kabar ga enak ini sudah dengar sejak bulan Desember kemarin, hanya saja perasaan ga enak itu kok ya ternyata kemudian perlahan berubah jadi pengalaman yang ga enak.

Kemarin dapat kabar kalau katanya layanan EvDO Flexi di seluruh Indonesia sudah tidak bisa lagi digunakan. Jelas saya kecewa sekali, mengingat dari pertama kali punya hape sampai sekarang saya selalu menggunakan nomor Flexi, terutama untuk sekarang karena paket internetnya termasuk handal dan terjangkau menurut saya. Herannya juga, tidak ada pemberitahuan sebelumnya tentang hal ini sampai sekarang, saya ngertinya cuma beberapa kali akses internetnya memang agak susah nyambung gitu aja.

Tapi setelah dapat info dari teman di media sosial yang katanya juga pengguna paket internet Flexi, saya jadi tahu penyebab koneksi agak aneh belakangan ini. Sedikit memastikan saya pun coba konek internet pakai modem dan ternyata memang benar, untuk tipe koneksi EvDO sudah ga dapat sinyal lagi sehingga ga bisa konek ke internet. Alhasil cuma bisa internetan pakai koneksi 1x (istilahnya EvDO Rev.0, sedangkan koneksi standard Flexi itu EvDO Rev.A atau setingkat diatas 1x). Itu pun ternyata lemotnya juga parah, karena sepengetahuan saya EvDO Rev.0 dan Rev.A itu selisih kecepatan koneksinya kalau untuk sekedar browsing harusnya ga jauh-jauh banget secara umum. Tapi ini parah, seperti lagi browsing pake hape internet GPRS (2G). Oke, sudah cukup kecewa dengan koneksi internet Flexi dari modem saya coba internetan pakai hape. Hasilnya juga tidak lebih baik, malah susah nyambung! (duh..)

Ya mau bagaimana lagi, keputusan sudah diambil oleh para pemangku kepentingan. Di dunia ini mungkin memang tidak ada yang abadi, termasuk kebersamaan selama hampir sepuluh tahun menggunakan provider satu ini. Yang penting, semoga kedepan lebih ada kejelasan saja tentang proses likuidasi ini sehingga tidak secara sepihak dan mendadak kemudian mematikan layanan dan memaksa pengguna untuk pindah ke provider lain.

8 thoughts on “RIP EvDO, Goodbye CDMA Flexi..

  1. sama bro, flexy ane tinggalin pindah ke smartfren. tapi kata temen ane yang sabar pakai flexy setelah 3 hari hidup lagi flexynya. Promo masih 1 bulan kan :D? Ane udah terlanjur beli paketan smartfren setelah 2 hari offline 😀

  2. Dua hari ini Evdo ane sakratul maut Alhamdulillah bisa lagi tp mungkin ini last minute … bisa merasakan bersama kang Evdo,.. hiks hiks Godbye Kang.

Leave a Reply

