WordPress 3.9 “Smith”, Semakin Keren Saja..

Dapat kabar dari Ainan, ketika selesai “menjenguk” blog-nya yang masih sering ketap ketip mati murup. Dari sana dapat notifikasi kalau WP dot org sekarang sudah sampai ke versi rilis 3.9 yang diberi nama “Smith”. Kabar ini pun sampai ke saya dan saya coba cek di WP dot com untuk melihat apakah juga ada perubahan. Berikut ini beberapa hal yang saya rasakan..

Di blog-nya Ainan disebutkan secara umum bahwa fitur baru yang di tawarkan pada update WordPress 3.9 adalah a smoother media editing experience, yang meliputi

  1. Improved Visual Editing
  2. Edit Image Easily
  3. Drag and Drop Images
  4. Gallery Preview
  5. Audio and Video Playlist
  6. Live Widget and Header Preview
  7. New Theme Browser

Ini belum termasuk beberapa update teknis yang dilakukan seperti semantic captions and galleries, updated libraries, inline code documentation dan masih banyak lagi. Dari keseluruhan update ini belum semua sempat saya coba, tapi beberapa fitur yang terlihat sepertinya sudah cukup menjadi alasan kenapa kali ini saya membuat judul tulisan diatas.

Contoh, untuk fitur nomor dua yang saya sebutkan diatas misalnya, saya suka sekali dengan ini. Sekarang untuk mengatur gambar yang akan ditampilkan dalam postingan jadi lebih mudah karena tidak perlu lagi mengakses banyak menu. Cukup di klik dan tahan pada gambar untuk mengatur ukurannya, tidak lagi kaku karena dulu ukuran gambar hanya bisa ditentukan dari persentase resolusi gambar asli ketika di unggah (upload). Satu hal yang menarik, sekarang gambar yang telah diunggah juga bisa di edit (crop, flip, rotate) dan dilakukan setelan tambahan untuk CSS-nya walaupun saya belum tahu itu gunanya apa (advanced option).

Fitur kedua, mengedit ukuran gambar dalam post
Fitur drag and drop gambar kedalam post

Kemudian untuk fitur nomor tiga, ini juga mempercepat proses unggah gambar untuk ditampilkan dalam postingan karena tidak perlu lagi repot mengakses banyak menu. Namun diantara beberapa fitur yang telah saya coba sepertinya fitur nomor empat ini yang paling saya suka., yaitu Gallery Preview. Sekarang menampilkan gambar kedalam postingan dapat dilakukan sedemikian rupa sehingga postingan dapat terlihat lebih cantik. Misal dalam bentuk slide show, thumbnail, tiled atau circle. Ini fitur yang sebenarnya sudah lama di tunggu sejak pertama kalinya “admin sebelum saya” mengunggah gambar di blog ini.

Fitur Gallery Preview

Beranjak ke fitur nomor lima, saya masih belum berhasil mencoba ini karena sepertinya memerlukan widget tambahan serta lokasi (storage) penyimpanan audio video ini yang setahu saya ternyata tidak gratis. Untuk fitur nomor enam dan tujuh saya belum mencoba karena jarang melakukan kustomisasi disana sedangkan untuk fitur pertama juga saya jarang sekali melakukannya.

Fitur live widget and header Preview

Terakhir, bagi yang belum jelas dengan deskripsi yang saya berikan mungkin bisa menengok sebentar video ini.

==============================

NB: admin tidak akan pernah bosan mengingatkan bahwa untuk blog ini sekarang telah di moderasi oleh Havoc. Sedangkan untuk admin sebelumnya saya anggap sudah pergi dari sini. Havoc tidak bertanggung jawab terhadap isi tulisan di blog ini jika dikemudian hari ternyata ditemukan konten yang dapat mempengaruhi pikiran pembacanya, memberikan sugesti buruk, asumsi negatif atau hal-hal lain diluar kendali admin selaku pengelola blog dan penulis utama. Sebagai alternatif, pengunjung blog dapat mengunjungi tautan lain yang telah di sediakan pada sidebar blog ini, seperti misalnya mengunjungi blognya Ainan atau yang lain.

3 thoughts on “WordPress 3.9 “Smith”, Semakin Keren Saja..

  1. Belum nyemplung cukup dalam dengan 3.9

    Saat ini belum terasa perbedaan yang signifikan. Dari fitur baru yang di list dalam entry ini… fitur audio/video playlist itu menurutku paling menarik… bakal ana cek setelah koneksi membaik…

Leave a Reply

