[Labs] Mencoba WordPress Android..

Postingan ini ditulis dengan menggunakan WordPress Android, alias ditulis dari hape..

Sebagai blogger pengguna hape yang lebih hobi menulis teks daripada menulis tangan, bisa ngeblog dari hape merupakan hal yang menyenangkan. Karena tidak perlu repot buka-buka laptop atau menunggu punya waktu supaya bisa menulis postingan lewat komputer.

Beberapa hari kemarin saya coba browsing aplikasi buat ngeblog via Gugel Plei. Dan ketemulah aplikasi WordPress Android ini.

Sebelumnya saya sudah pernah mencoba aplikasi ini untuk hape saya ketika masih pakai Android Froyo dan Gingerbread. Hasilnya mengecewakan. Loadingnya berat dan lama, sering error karena timeout. Hape pun jadi cepat panas. Niat blogging melepas suntuk akhirnya jadi sumpek duluan bahkan sebelum bikin tulisan.

Tapi, saya masih pengen coba download dan pakai lagi. Mumpung sekarang ada koneksi internet stabil dan sedang pakai hape pinjaman yang speknya lumayan ciamik, juga karena hape sendiri yang sedang di servis karena pemakaian ekstrim. *alaah

Baik, langsung ke pembahasan..

image
Tampilan muka WordPress Android

Sejauh ini, setelah berhasil mengunduh aplikasi dan coba menjalankan masih belum ada masalah.

Disini mulai terasa perbaikan dari aplikasinya, yang mana untuk bisa masuk dari setelah login hingga ke dashboard tidak memerlukan waktu yang lama, apalagi sampai mengalami error.

image
Dashboard versi mobile..

Dari dashboard, ada pilihan menu “quick post” dengan memanfaatkan kamera hape untuk mengambil gambar dan video. Fitur ini cukup memudahkan bagi blogger yang hobi tampil aktual.
image

Fitur refresh dengan cara swipe down juga berjalan dengan baik, walaupun beberapa user lain sepertinya mengeluhkan ini.
image

image
Post setting

Preview post juga berlajan lancar walaupun untuk gambar yang ditautkan dalam tulisan belum bisa ditampilkan.

Langsung ke kesimpulan, secara umum saya suka WordPress Android ini. Keren. Belum ada bug atau error. Lebih baik dari versi sebelumnya. Dengan catatan, untuk fitur menulisnya memang tidak selengkap kalau membuka dari komputer atau laptop. Tapi tetap secara keseluruhan sudah bagus.

Sebagai perbandingan, saya juga mencoba aplikasi Blogger di Android yang mana secara fitur menurut saya masih lebih bagus WordPress.

Bonus Screenshot Blogger Android,

image
Login..

image
Tampilan awal Blogger Android..

Terakhir, bagi yang masih penasaran dan belum puas, silahkan mencoba sendiri aplikasinya, karena ternyata membuat postingan dengan menggunakan hape layar sentuh itu lumayan merepotkan, karena sering salah ketik.

By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

2 comments

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.