[Labs] Menginstall XAMPP di Manjaro

Pendahuluan

Sebelum memutuskan untuk menginstal XAMPP, sebenarnya ada beberapa pilihan lain bagi pengguna linux, khususnya Manjaro, yang bisa dipertimbangkan untuk dicoba, yaitu bisa dengan menggunakan LAMP atau dengan cara menginstal paket-paket yang dibutuhkan secara terpisah, mengingat baik itu LAMP atau XAMPP secara umum yang  dibutuhkan adalah kumpulan dari paket aplikasi yang ditawarkan, seperti misalnya Apache, MySQL dan PHP.

Metode Instalasi

Metode instalasi untuk XAMPP di Manjaro dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu

  1. Melalui Package Manager, pada Manjaro dapat menggunakan Pamac dengan mengambil paket dari AUR atau jika menggunakan Octopi dapat mengambil paket dari Yaourt. Metode instalasi ini dilakukan secara online dan harus terhubung dengan koneksi internet. Menurut penulis ini adalah metode instalasi yang paling mudah.
  2. Manual Installation, instalasi dilakukan setelah mendownload/memiliki file XAMPP untuk kemudian di-compile dan di jalankan melalui terminal.

Sedangkan pada catatan kali ini hanya akan menulis cara instalasi dengan menggunakan metode kedua. Sedangkan untuk versi dari file yang digunakan pada catatan ini adalah XAMPP 1.8.3-4, berikut langkah-langkahnya

  • Buka terminal dan masuk ke direktori dimana file berada. Misal, pada kesempatan ini file XAMPP penulis letakkan di folder Downloads sehingga penulis harus masuk ke direktori tersebut
  • Ketik perintah chmod +x <nama-file>.run, misal chmod +x xampp-linux-x64-1.8.3-4.run
  • lanjutkan dengan perintah sudo ./<nama-file>.run, misal sudo ./xampp-linux-x64-1.8.3-4.run
  • Selanjutnya akan muncul jendela menu dan tahapan instalasi selanjutnya akan berpindah kesana (lihat gambar dan keterangan)
XAMPP Manjaro Setup
XAMPP Linux Setup
XAMPP Manjaro Setup
XAMPP Linux Setup
XAMPP Manjaro Setup Complete
XAMPP Linux Setup Complete

Jika anda memilih opsi “Launch XAMPP”, maka setelah menekan tombol Finish akan keluar panel menu baru dan browser default anda akan membuka satu tab baru.

XAMPP Manjaro Home
XAMPP Linux Home
XAMPP Manjaro Welcome
XAMPP Linux Welcome
XAMPP Manjaro Status
XAMPP Linux Status
XAMPP Manjaro Panel Start
XAMPP Linux Panel Start
XAMPP Manjaro Panel Status
XAMPP Linux Panel Status

Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa untuk database MySQL secara default tidak diaktifkan, sehingga untuk bisa menggunakannya maka harus dijalankan dulu dari panel menu atau dari terminal agar tidak memunculkan halaman error.

phpmyadmin error karen layanan belum diaktifkan
phpMyAdmin error karen belum diaktifkan
phpMyAdmin home
phpMyAdmin home

Cara Menggunakan

Secara default, XAMPP yang sudah ter-install akan berada pada direktori /opt/lampp sehingga semua aktifitas konfigurasi lebih lanjut dapat dilakukan disana. Contohnya adalah jika kita ingin membuat sebuah halaman web untuk dikembangkan menjadi website, blog, aplikasi atau yang lain maka dapat diletakkan pada direktori /opt/lampp/htdocs/. Sedangkan untuk mengaktifkan layanan dari XAMPP ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu

  1. Melalui Terminal, dengan menggunakan perintah “lampp”, misal dengan mengetik sudo /opt/lampp/lampp start untuk menjalankan layanan XAMPP. Ganti kata “start” dengan “stop” untuk menghentikan layanan. Konfigurasi lainnya dapat dilihat dengan mengetikkan sudo /opt/lampp/lampp.
  2. Melalui Control Panel, sejak XAMPP versi 1.8.2 untuk Linux dan OS X diluncurkan, panel menu kontrol berbasis grafis ditambahkan sebagai fitur baru sehingga user tidak lagi harus selalu menggunakan terminal untuk mengatur konfigurasi layanan dari XAMPP. Hanya saja penulis masih belum menemukan cara praktis untuk menjalankan panel menu ini di awal selain dengan menggunakan terminal. Untuk menjalankannya, ketik

# cd /opt/lampp

# sudo ./manager-linux-x64.run

XAMPP Manjaro Panel Start
XAMPP Linux Control Panel di Manjaro

Sekian catatan menginstall XAMPP di Manjaro, untuk tambahan dan perbaikan akan dilakukan kemudian jika diperlukan. Sekian.

Referensi:

https://wiki.archlinux.org/index.php/xampp

https://bitnami.com/stack/xampp

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s