Update Blog: Mei – Juni 2017

Bismillah,

Alhamdulillah wa sholatu wassalamu ‘ala rosulillah…

Segala puji bagi Allah atas segala nikmat dan karunia dariNya, sehingga blog ini masih bisa eksis hingga SEWINDU lamanya.

Est. since 2009

Bukan waktu yang sebentar, banyak hal terjadi, banyak hal berubah, yang semuanya itu semoga menjadi pelajaran dan pengalaman bagi penulis. 2009 menjadi awal dari sebuah perjalanan menulis bagi admin penulis. Mengusung semangat belajar dan berbagi, blog ini awalnya dibuat dengan tema spesifik seputar budaya dan pendidikan (culture and education) yang dialami dan dipelajari oleh penulis. Akan tetapi, perjalanan blogging ini tidak pernah mudah bagi penulis, hanya setahun (atau beberapa bulan?) berselang, blog ini memasuki masa hiatus.

Entah karena kesibukan atau kecondongan beraktifitas di media lain, blog ini berhenti dari aktifitas menulis. Pada saat itu, penulis masih aktif di tempat lain lain, sebut saja Multiply, MySpace, Plurk dan media sosial dan situs-situs lain yang kesemuanya itu jelas menghabiskan banyak waktu dan pikiran sehingga blog ini harus minggir dulu untuk sementara waktu.

2011, blog ini kembali, dalam bentuk yang tidak terduga. Ditutupnya Multiply (yang bikin shock, karena belum sempat back up banyak hal), meredupnya popularitas situs microblogging (Plurk, alm. Koprol, dll.) dan beberapa kejadian IRL membuat penulis harus menyerahkan situs ini kepada “Havoc”. Bagi yang mengikuti blog ini, mungkin tahu, bagaimana isi tulisan dari blog ini dan apa-apa saja tema yang diusung setiap beberapa waktu sekali. Konflik antara Havoc dan penulis berlangsung hingga sekitar dua tahun, dimana akhirnya blog ini berhenti menulis “konten havoc” dan kembali lagi di jalur “belajar dan berbagi”. Pelan-pelan dan sesekali, blog ini mulai menulis hal-hal yang sekiranya patut untuk dibagikan, termasuk beberapa dokumentasi mengenai hasil belajar penulis, terutama untuk tema-tema seputar teknologi informasi.

L.A.B.S., yang merupakan salah satu halaman dari blog ini kemudian didaulat menjadi judul blog yang masih dipakai sampai sekarang.

Diantara hal menarik dari sewindu perjalanan ngeblog ini adalah, penulis menemukan banyak sekali blogger dan blog/situs menarik yang penulis ikuti/ambil feed-nya. Hingga bulan kemarin, tidak kurang dari 350an blog dan situs yang masih terdaftar dalam daftar blog yang penulis ikuti.

366 blogs and sites i’ve been following..

Hanya saja, tidak semua blog tersebut masih aktif membuat konten. Bahkan beberapa diantaranya juga sudah tidak bisa diakses lagi alamatnya, sehingga dengan terpaksa harus di unfollow. Faedahnya, penulis jadi tau (malah baru tau) cara nge-unfollow blog dan situs yang sudah diikuti. Kalau untuk cara nge-follow sih tau banget, cuma baru sekarang aja nge-unfollow.

Diantara blog/situs yang masih di follow dan sudah di unfollow
Penulis dulu termasuk followernya JONRU, sampai beliau kemudian berganti “madzhab” dalam menulis

Dan setelah mengunjungi ke-366 blog/situs tersebut, sekarang yang masih di follow berkurang menjadi

305… Kok masih banyak ya… ??

Ada beberapa faedah lain dari hasil kunjungan dan bersih-bersih ini, seperti misalnya

  • Jadi tahu bagaimana update terkini dari setiap blog dan situs yang diikuti.
  • Jadi tahu gambaran aktifitas dari blogger dan admin situs tersebut.
  • Senang, ketika mengetahui beberapa rekan blogger dan admin ada yang masih aktif menulis.
  • Sedih, ketika mengetahui ada beberapa blog dan situs dengan konten bagus namun ternyata sudah tidak dilanjutkan lagi, bahkan sudah dihapus dan mati.
  • Terlihatnya perubahan preferensi penulis dalam mengikuti sebuah blog dan situs dari waktu ke waktu. Diantara blog dan situs yang di unfollow adalah yang sudah mati alamatnya atau yang kontennya sudah tidak lagi relevan dengan aktifitas hari ini.
  • Dapat tautan artikel-artikel bagus untuk disimpan sementara dan dibaca kemudian.

Okay, I think that’s all for now. Semoga update ini bisa jadi pelecut motivasi bagi penulis untuk kembali aktif sebagai blogger, sebuah “gelar” yang sering penulis bawa kemana-mana sejak lama walaupun kenyataannya masih sering angin-anginan dalam membuat konten. Terima kasih juga untuk rekan-rekan blogger, admin situs dan tentunya kamu, yang sudah mau baca ini atau mengikuti blog ini.

Sampai ketemu lagi di tulisan-tulisan yang akan datang… ^^

 

 

Advertisements

One thought on “Update Blog: Mei – Juni 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s