Ngeblog di my.id, platform blog lokal asli Indonesia

Tulisan ini adalah catatan perjalanan seorang blogger atas dua buah pencarian personalnya, yaitu mencari alternatif situs lokal untuk about.me dan mencari platform blog lokal yang dirasa cukup baik untuk menuliskan opini dan personal branding.

Dua hal tersebut pada awalnya tidak menemukan jalan keluar sama sekali. Situs about.me secara umum tidak memiliki alternatif dari dalam negeri (bahkan tidak ada?) sehingga tidak dilanjutkan pencariannya. Sedangkan untuk blog lokal sempat ada beberapa alternatif, namun belum dipilih karena beberapa pertimbangan.

Hingga akhir bulan kemarin muncul kabar bahwa PANDI merilis layanan blog lokal bernama my.id. My.id ini adalah platform blog berbasis WordPress yang di tempatkan pada server PANDI, yaitu di Indonesia. Penggunaan server dalam negeri merupakan sebuah keunggulan bagi pengguna yang tinggal di Indonesia karena aksesnya yang lebih dekat, sehingga diharapkan kecepatannya juga bisa lebih baik, juga dengan penggunaan server lokal kita bisa ikut berpartisipasi menghemat biaya yang harus dikeluarkan negara dibandingkan jika harus menggunakan server yang ada di luar negeri.

Halaman utama situs my.id

Untuk bisa menggunakan layanan my.id, pengguna harus terlebih dahulu mendaftarkan diri di situs u.id, yang juga merupakan salah satu layanan lain milik PANDI. Disini mungkin trade-off nya bagi pengguna. Situs u.id menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari KTP sebagai syarat dari pendaftaran. Setelah mendaftar, pengguna harus mengkonfirmasikan pendaftarannya melalui surel. Yang setelah itu pun, mengguna masih harus mengkonfirmasikan lagi NIK-nya di halaman profil, sebelum bisa menggunakan layanan dari situs u.id secara penuh.

Halaman utama u.id
Halaman pendaftaran
Halaman login, jangan lupa konfirmasi surel juga..
Langkah terakhir, lakukan konfirmasi NIK di kolom bagian pojok kanan bawah

Setelah berhasil membuat akun u.id barulah pengguna bisa mulai membuat blog di my.id. Cara pembuatannya cukup mudah karena blog my.id menggunakan akun u.id untuk mendaftar, sehingga pengguna hanya tinggal menentukan judul blog dan nama domain. Inilah mungkin salah satu fitur andalan yang paling bagus buat dimanfaatkan. Blog my.id akan memberikan domain secara cuma-cuma bagi seluruh penggunanya, selama nama domain masih tersedia, tinggal tunggu sekitar 15-30 menit untuk propagasi, maka blog akan siap untuk digunakan. Terakhir, karena blog ini gratisan, maka space yang disediakan hanya sebesar 100Mb saja, sehingga untuk pengguna yang hendak memanfaatkan banyak media seperti gambar atau video, sebaiknya disimpan di tempat yang lain saja. Juga, fitur kustomisasi WordPress-nya juga terbatas.

Halaman daftar blog, pilih nama domain baik-baik, sebab hanya bisa satu kali..
Sabar, kalau setelah daftar masuk ke halaman ini, berarti domain sedang masuk masa propagasi..
Hidup WordPress !! Selamat ngeblog..^^
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s