[Labs] Menginstall Swift 4.0.3 di Linux Mint 17.3

Sebelumnya basa-basi dulu,

Apa itu Swift ?

Yang dimaksud dengan Swift disini adalah bahasa pemrograman berkode sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh perusahaan Apple untuk menggantikan bahasa berbasis C (C, C++, dan Objective-C).

Kenapa dengan Swift ?

Satu hal yang membuat penulis suka dengan Swift adalah bahasanya yang “fun”. Bagi yang sudah pernah coba Python atau Ruby atau Kotlin mungkin akan paham.

Swift kok di Linux ? Bisa apa ?

Memang pengembangan Swift di Linux belum bisa digunakan untuk membuat aplikasi bagi platform Apple (Mac OS, iOS, watchOS, tvOS), tapi kita sudah bisa membuat library Swift atau aplikasi Swift dengan memanfaatkan core-library, compiler dan debbuger yang disediakan. Intinya, we can have fun with code and swift language in linux..

Jadi, langsung ke inti tulisan, berikut ini tahap-tahapnya,

1. Download swift disini: https://swift.org/download/#releases. Dokumentasi ini menggunakan Swift 4.0.3 RELEASE Ubuntu 14.04 karena dipasang pada distribusi Linux Mint 17.3, jadi sesuaikan antara versi rilis dan distribusinya.

2. Install dependensi jika belum ada,

$ sudo apt-get install clang libicu-dev

3. Lakukan verifikasi signature, langkah ini sepertinya bisa di skip jika tidak sabar dan tidak ada masalah pada saat proses download. Tapi jika ingin meneruskan, pertama-tama silakan masuk ke direktori dimana hasil download Swift berada, kemudian ketik perintah ini di terminal

wget -q -O – https://swift.org/keys/all-keys.asc | gpg –import –

Setelah itu, ketikkan perintah

gpg –verify swift-4.0.3-RELEASE-ubuntu14.04.tar.gz.sig

Jika pada terminal muncul kata-kata semisal “gpg: Good signature from “Swift 4.x Release Signing Key” maka lanjutkan proses selanjutnya, abaikan pesan warning yang muncul.

Screenshot from 2018-01-28 14:01:03

4. Ekstrak file yang sudah di download dan taruh pada direktori yang diinginkan, misal pada /opt atau direktori Downloads.

5. Buat path menuju direktori /bin dari folder Swift yang sudah di ekstrak tadi, misal tadi filenya di ekstrak pada direktori /opt maka, perintahnya kurang lebih akan seperti ini

export PATH=/opt/swift-4.0.3/usr/bin:”${PATH}”

6. Cek hasilnya dengan mengetik perintah swift –version, jika berhasil maka akan keluar informasi mengenai versi Swift yang sedang dipakai.

7. Untuk menjalankan Swift ini cukup ketik perintah swift di terminal, maka user akan masuk ke dalam mode shell interaktif yang diistilahkan dengan REPL.

8. Untuk keluar dari REPL ini user tinggal menekan tombol Ctrl+Z dan mengetikkan perintah exit.

9. Untuk menjalankan file .swift bisa dilakukan dengan mengetik perintah swift namafile.swift dan untuk melakukan compile bisa dilakukan dengan perintah swift build.

10. Dokumentasi terkait REPL bisa dilihat disini, Swift Package Manager disini dan Swift LLDB Debugger disini.

11. Catatan, untuk setting path menggunakan cara nomor 5 ini tidaklah permanen, sehingga ketika komputer di logout/shutdown/restart atau keluar dari Terminal maka settingnya juga akan hilang dan harus disetting ulang jika ingin menjalankan Swift lagi. Kalau di linux, solusinya bisa dengan menambahkan shell script semisal .bashrc

Sekian.

Tulisan ini dibuat dengan mengacu pada tulisan lama dari blog ini yaitu

https://ainaan.wordpress.com/2016/04/15/labsupdate-cara-menginstall-dan-menggunakan-apple-swift-di-linux-mint-17-3/

BONUS:

By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

1 comment

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.