[Labs] Catatan Kasus: Dua Versi NodeJS Terinstall di Linux Mint

Ini adalah catatan pribadi dari sebuah masalah lama,

Masalah:

Penulis pada saat itu mencoba untuk menginstall NodeJS LTS versi 6.x.x, lewat package manager, namun ketika diperiksa di terminal menggunakan perintah node –version yang keluar adalah NodeJS versi 7.10.0 yang bukan LTS.

Percobaan:

Penulis juga sudah mencoba untuk menggunakan tools yang bisa dipakai untuk mengelola beberapa versi NodeJS, seperti misalnya n, Node version management atau NVM, tapi tetap yang dikenali hanyalah NodeJS versi 6, sedangkan untuk versi 7 ini, tidak terdaftar pada tools.

Solusi pada saat itu:

Penulis mencoba mencari direktori instalasi NodeJS, awalnya ketemu pada direktori /usr/share/bin (kalau tidak salah), tapi lagi-lagi itupun adalah direktori untuk NodeJS versi 6, bukan versi 7. Penulis juga sudah berusaha untuk browsing, membaca banyak artikel, melihat solusi yang ditawarkan di berbagai forum, hingga bertanya langsung di grup pengguna NodeJS, tapi nihil. Tidak ada yang menjawab atau sekedar memberikan saran masukan.

Hingga pada satu ketika, penulis menemukan sebuah perintah di terminal yang bisa dipakai untuk mencari lokasi direktori, kalau tidak salah whereis, dari situ penulis mencoba mencari-cari lagi letak direktori penyimpanan NodeJS misterius ini.  Tapi ini juga masih belum berhasil.

22310626_10210815460925095_7384359887397437295_n

Hingga akhirnya, setelah mencari dan mencari, ketemu direktori yang bernama heroku…

Ternyata, NodeJS versi 7 ini berada pada direktori tersebut, yang kemungkinannya, NodeJS versi ini terpasang secara otomatis pada saat penulis mencoba untuk menginstall tools heroku client pada laptop. Hanya saja, [enulis lupa bagaimana caranya supaya bisa ketemu direktori tersebut.

NodeJS versi 7 ini dapat dihapus, sebaiknya dihapus, dengan cara menghapus direktori beserta isinya. Kemudian menjadikan NodeJS default adalah yang terinstall dari package manager atau terminal.

Wallahua’lam sih, soalnya solusi sementara yang work ya cuma itu…

By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.