Kumpulan Resources, Hal Menarik dan Komentar dari Google I/O Extended Surabaya 2018

Google I/O Extended Surabaya 2018

Sabtu kemarin, GDG Surabaya mengadakan event Google I/O Extended Surabaya 2018 di Auditorium kampus iSTTS, Ngagel Jaya. Acara dijadwalkan mulai pukul 09.00 pagi sampai sore, sedangkan saya baru datang sekitar jam 10. Sehingga untuk sesi recap sudah kelewatan. Untungnya, sesi ini bisa dicek rangkumannya di YouTube.

Selesai recap, lanjut sesi talks yang panjang sampai siang. Diantaranya ada talks tentang Firebase oleh Dennis Alund (GDE Firebase), student showcase oleh mahasiswa iSTTS, dan talks lagi oleh Ibnu Sina W. (GDE Android) tentang hal-hal menarik dari event Google I/O kemarin dan produk-produk teknologi mereka. Seluruh recap dan talks ini ternyata disiarkan live di YouTube, sehingga bisa disimak rekamannya.

Memang, untuk slide yang ditampilkan mungkin tidak terlihat jelas karena video diambil jauh dari panggung, at least, suaranya masih bisa di dengar.

Selesai sesi ini, peserta istirahat siang, dilanjutkan dengan sesi “codelabs”. Codelabs dibuat paralel dan tersedia dalam enam kelas dan dua sesi. Setiap codelab selesai dalam satu sesi, sehingga pada sesi kedua, merupakan pengulangan materi dari codelab tersebut. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat mengikuti dua sesi codelab dengan memilih sendiri waktu yang diinginkan.

Daftar codelabs yang dibuka kemarin..

Pengecualian codelab ada pada kelas hackathon, dimana dua sesi waktu dipakai secara penuh untuk hackathon. Saya mengikuti codelab untuk WebXR dan Flutter, codelab yang saya anggap paling menarik.

Materi codelab WebXR bisa dilihat disini,

https://codelabs.developers.google.com/codelabs/ar-with-webxr/index.html#0

Komentar:

Codelab ini menarik, hanya saja, saya belum bisa ikut melakukan demo karena codelab ini memerlukan set up yang sangat tinggi, seperti misalnya hape android dengan versi minimal 7.0 (Nougat), ARCore, Chrome Canary (yang tidak menyediakan versi untuk linux, duh) dll yang semuanya tidak terjangkau oleh set up yang saya bawa pada saat itu. Tapi codelab ini tetap menarik, seru, karena demo yang dibawakan oleh pemateri cukup memberikan insight tentang apa itu WebXR.

Codelab selanjutnya adalah tentang Flutter, slide materinya bisa dilihat disini,

https://docs.google.com/presentation/d/1ubAyPfIMHbBQVm-dY98wiX96_hQ_hjKJTL65hYjX_VI/edit#slide=id.g3ca3878ed3_2_118

Komentar:

Pada sesi ini saya datang terlambat lagi, karena pada codelab pertama, waktu selesainya tidak bersamaan, ditambah dengan tidak adanya waktu istirahat, padahal saya harus menunaikan solat ashar. Jadilah sedikit terlambat. Codelab ini juga menarik, karena pada awalnya saya tidak paham, kenapa Google merilis lagi tools lain untuk membuat aplikasi Android, disaat mereka telah memiliki Java dan Kotlin (Flutter menggunakan Dart).

Ternyata ada hal yang sangat menarik dibalik itu, saya tidak akan berpanjang lebar, silakan coba sendiri kalau mau, atau mungkin soal ini bisa dibahas sendiri pada kesempatan lain. Saya hanya sempat mencoba instalasi SDK, melakukan konfigurasi pada editor (Android Studio) dan mencoba membuat project untuk menampilkan Hello World.

Hello World dari Flutter…

Catatan, Flutter saat ini bisa dibilang sedang dalam tahap rilis beta (Release Preview, kata mereka), namun sudah bisa dicoba-coba dan dipelajari. Diantaranya bisa mulai dari sini,

https://flutter.io/get-started/install/

Sekian dari saya, terima kasih sudah membaca sampai sini.

Bonus:

Oiya, untuk yang ingin kenalan dengan teman-teman GDG (Google Developer Group) Surabaya, bisa coba tilik tautan-tautan ini, saya gak tau mana yang aktif.

Website: http://gdgsurabaya.org/

Meetup.com: https://www.meetup.com/GDGSurabaya/ (buat daftar event mereka)

Facebook: https://www.facebook.com/GDGSurabaya

Twitter: https://twitter.com/GDGSurabaya

By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.