[Labs] Mencoba .NET Core 2.1 pada Linux Mint 19

Ini adalah “postingan kekepoan” akibat ingin ikut event .NET Conf 2018 yang sedianya bakal ngadakan event lokal juga di Jogja hari ini, tapi gak jadi, karena setelah registrasi bulan lalu (atau awal bulan, lupa) ternyata websitenya error gak bisa diakses lagi dan ketika H-1 ternyata ada konfirmasi kehadiran dan saya sudah lupa kalau ternyata pernah register buat ikutan. Nasib.

Ok, fine. Langsung ke catatan…

Secara umum cara memasang .NET Core dan menjalankannya relatif sangat mudah, dibandingkan dengan ketika mencoba Swift kemarin. Semuanya dijelaskan dengan sangat apik dalam satu halaman ini,

https://www.microsoft.com/net/learn/get-started-with-dotnet-tutorial

Pada catatan ini, .NET Core dipasang (install) dengan mengacu pada konfigurasi pemasangan untuk Ubuntu 18.04 yang menjadi basis distro Linux Mint 19. Setelah memasang .NET Core, saya juga memasang editor Visual Studio Code plus extension untuk bahasa C#. Hasilnya adalah, cakep..

Kesan pertama dari mencoba .NET Core adalah, rasanya seperti Java.

Ok, sementara itu dulu. Lain kali bakal dicoba lebih dalam lagi kalau ada perlu atau barangkali ada yang request. Terima kasih.

Bacaan Lanjut

By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.