Potensi masalah bagi pengguna WordPress selama masa migrasi Gutenberg

Pengguna WordPress yang menyimak perkembangan dari blog WordPress mungkin akan paham, bahwa fokus pengembangan tim WordPress saat ini adalah pada editor Gutenberg. Berita lengkapnya bisa dilihat di September news. Yang mungkin luput adalah, bahwa selama proses “migrasi” ini hingga rilis WP versi 5.0 bakal ada beberapa kemungkinan masalah yang merepotkan, menyebalkan atau bahkan mungkin bisa menjadikan seseorang enggan memperbarui versi WordPress-nya. Berikut ini potensi masalah yang sudah pernah penulis hadapi.

1. Terlalu banyak pilihan editor

Disadari atau tidak, selama proses migrasi ini, pengguna WordPress akan memiliki beberapa opsi pilihan editor, yaitu Edit, menggunakan Gutenberg, Classic Editor, menggunakan editor WYSIWYG dan Quick Edit, menggunakan editor bawaan Calypso. Ketiga editor ini seolah masih belum saling kompatibel dalam format kode, sehingga ketika pengguna melakukan editing lintas editor dapat menyebabkan format konten berubah atau rusak.

Muncul notifikasi diatas setelah berpindah dari quick editor Calypso ke Gutenberg..

2. Editor Gutenberg relatif tidak praktis

Penulis sudah beberapa kali mencoba membuat konten dengan menggunakan editor Gutenberg. Hasilnya, poin ini adalah diantara hal yang rasanya paling butuh pengembangan lebih baik. Membuat konten dengan editor Gutenberg terkadang memakan waktu dan membuat penulis perlu berpikir sejenak, karena harus menyiapkan block demi block konten satu per satu sebelum mulai membuat konten.

Rasanya masih belum ada shortcut yang bisa memudahkan pengguna untuk menyiapkan block yang diinginkan, melainkan harus mencari dulu block yang diinginkan kemudian memilihnya, baru bisa dilanjutkan dengan membuat konten. Bandingkan dengan editor WYSIWYG yang bisa lebih cepat karena sudah menyediakan ikon-ikon tombol pintasan pada bagian atas editor.

Kurang lebih begitu, sisanya masih akan di eksplorasi lagi…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.