[Labs] Menginstall Esl-Erlang & Elixir pada Ubuntu Bionic / Linux Mint 19

Ini adalah dokumentasi pribadi, karena dokumentasi resmi baik di halaman Erlang maupun Elixir semuanya gak ada yang work dan cuma bikin frustasi dan stress.. Fuck

[1] Pertama, install paket yang resek dan biang kerok dari semua masalah ini

$ wget https://packages.erlang-solutions.com/erlang-solutions_1.0_all.deb && sudo dpkg -i erlang-solutions_1.0_all.deb

[2] Edit sedikit bagian repository-nya. Pada kasus ini alamat repo ada di /etc/apt/sources.list.d/erlang-solutions.list

Disini, saya mengganti alamat repository dari squeeze menjadi bionic.

Tinggal ganti “squeeze” jadi “bionic”

[2.1] Alternatif, jika pada saat menginstall paket resek ada tampilan untuk memilih nama (repository) di terminal, langsung di isi dengan bionic saja. Bisa jadi semua kegejean ini berawal dari situ.

Ini dia biang kerok, segera ganti “squeeze” jadi “bionic” jika baru pertama kali melakukan tahap [1] dan muncul menu ini…

[3] Update: $ sudo apt update

[4] Install Esl-Erlang: $ sudo apt install esl-erlang

[5] Cek instalasi: $ erl -v . Untuk keluar dari Eshell, tekan Ctrl+C dua kali.

[6] Kalau berhasil, lanjut install Elixir: $ sudo apt install elixir

[7] Cek instalasi: bisa dengan $ iex -v atau $ elixir –version .

[8] Fuck yeahh…. it’s done

Kalau berhasil, bisa cek-cek versi tanpa ada error… fuck yeahh

Cara ini dilakukan karena sepertinya (saya gak yakin) versi Elixir secara default yang terpasang kalau gak di oprek hanya nyangkut di versi jadul 1.3 dan Erlang OTP versi jadul juga, itupun dengan keterangan error/crash yang log-nya di dump secara otomatis dan bisa dibaca (emang ngerti?).

Sedangkan ketika menggunakan cara diatas, berhasil upgrade Elixir versi 1.5 dan 1.8 serta versi OTP yang macam-macam juga tergantung dari setting repo diarahkan kemana.

Selebihnya gak tau, coba aja sendiri.

By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.