[Labs] Jangan pasang plugin “Website and Page Builder” di WordPress ???

Gambar screenshot dari kawan yang kesulitan mengganti header image websitenya..

Kalau kemarin sudah pernah nulis catatan tentang potensi masalah bagi pengguna WordPress ketika Gutenberg editor di aplikasikan secara default atau ketika sebuah update di terapkan pada sebuah website berbasis WordPress sehingga WP-nya naik ke versi 5.0 keatas, maka catatan kali ini adalah sebuah kasus nyata dari tulisan tersebut.

Pada catatan sebelumnya, saya menulis potensi masalah karena si Gutenberg ini “rebutan fungsional” dengan Visual Composer (Website Builder), salah satu plugin yang sepertinya banyak dipakai di perusahaan software house. Sehingga pengembang web atau pengelola konten harus memilih antara menggunakan salah satu dari keduanya. Dan kemarin, seorang kawan datang ke rumah meminta tolong untuk di bantu memperbaiki sedikit tampilan websitenya yang gak bisa ganti gambar latar di bagian headernya.

Dan lagi-lagi masalahnya sama, Gutenberg dari WordPress ini rebutan fungsional dalam mengatur tampilan ketika ada plugin builder. Kali ini, “lawannya” adalah WP Bakery Page Builder. Plugin ini ketika diaktifkan akan membuat tampilan WordPress tidak bisa di atur dari halaman Appearance -> Customize, melainkan harus dari menu-menu yang disediakan oleh WP Bakery. Walaupun bisa masuk ke halaman tersebut, tapi menu-menu yang ada ini tidak bisa diaktifkan dari sana. Sehingga proses mengganti image header yang seharusnya mudah dan cepat jadi seolah menjadi sulit.

Solusi saat itu, Gutenberg ini yang mengalah (baca: tidak dipakai) dan seluruh konten akan diatur lewat plugin. Dengan catatan, walaupun konten bisa di atur secara visual, ada kalanya sebagian konten harus di kelola lewat back-end alias sedikit edit-edit kode.

Ya ampun, Gutenberg…


By Ainan

Siapalah saya... Entah kenapa aku menulis disini, aku sudah lupa. Karena semua ini pada awalnya adalah sesuatu yang tidak seharusnya menjadi seperti sekarang. Aku hanya merasa bahwa ada hal yang benar-benar ingin aku lakukan dengan menulis disini. Samar-samar aku ingat, tapi selebihnya lagi aku sudah tidak tahu itu apa dan bagaimana harus melakukannya.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.